Sunday, November 23, 2008

Harta Dunia Akan Lenyap


PEMAHAMAN ALKITAB KELUARGA
Rabu, 22 Nopember 2006

Tema : HARTA DUNIA AKAN LENYAP
Bacaan : I Korintus 7: 17-31

1. NYANYIAN PEMBUKAAN
2. DOA PEMBUKAAN
3. PEMBACAAN ALKITAB : I KORINTUS 7: 17-31.
4. PENGANTAR PA

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar ungkapan “sirah kanggo sikil, sikil kanggo sirah”. Ungkapan ini untuk menggambarkan seseorang yang selalu bekerja keras, apapun dikerjakanPerkembangan dalam teknologi komunikasi luar biasa pesatnya disamping perkembangan media-media yang lain seperti media Surat Kabar yang semakin hari semakin banyak pilihan untuk dinikmati. Walaupun seiring dengan itu muncul dampak-dampak dari perkembangan teknologi tersebut baik itu teknologi komunikasi maupun perkembangan media Surat Kabar serta media-media yang lainnya. Dampak dari perkembangan itu semua mau tidak mau juga berkibas pada gereja dan juga keluarga Kristen dan itu semua sulit untuk dihindari. Menurut pengamat perkomunikasian bahwa Radio membutuhkan 100 tahun untuk bisa terkenal seperti saat ini, sedangkan Televisi membutuhkan 50 tahun untuk dapat terkenal seperti saat ini, sedangkan internet membutuhkan 10 tahun untuk dapat mencapai puncak kejayaannya.
Perkembangan terakhir ini telah muncul dan beredar Ponsel sebagai Video Phone yang dapat mengirimkan data dan gambar pada saat kejadian tanpa terbeban seperti alat yang biasa digunakan Reporter saat ini. Video Phone ini lebih praktis dalam penggunaannya bahkan dimasukkan dalam saku tidak mengganggu aktifitas, pendek kata lebih praktis dalam segala hal. Menurut Roy Suryo seorang pakar telekomunikasi mengatakan “kamera ponsel dapat digunakan umpamanya oleh petugas bank menafsir nilai sebuah rumah. Ia bisa memotret rumah dari segala sudut dan langsung mengirimkan kepada atasannya untuk meminta pendapat. Atau yang lebih sederhana, pengguna bisa memotret mobil, sepatu atau produk apa saja yang ingin dibelinya. Kemudian dikirim ke suami atau istri untuk meminta persetujuan (Tempo, Juni 2003). Begitu majunya perkembangan teknologi yang telah dibuat oleh manusia dan dari itu semua manusia telah dimanja oleh teknologi dan memang sangat bermanfaat bagi manusia. Siapapun tidak dapat menghindari perkembangan jaman ini termasuk gereja dan keluarga Kristen juga akan berhadapan dengan perkembangan jaman yang begitu cepat, dan setiap harinya perkembangan itu selalu berubah dalam hanya hitungan detik.
Komunikasi menurut Kamus Besar bahasa Indonesia adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami. Memang dengan adanya perkembangan multimedia ini keinginan akan informasi selalu dapat terpuaskan. Namun juga sejalan dengan itu juga jangan sampai manfaat perkembangan multimedia itu disalahgunakan. Memang penemuan apapun selalu ada dampaknya yang baik maupun yang kurang baik bagi kehidupan manusia. Oleh karena itu yang penting bagi manusia memanfaatkan dengan baik untuk kebaikan manusia. Saat ini jarak sejauh apapun dalam hal untuk memperoleh informasi tidak menjadi persoalan dan semua itu hanya dapat diterima dan dikirim kembali hanya dalam hitungan detik. Pesan/berita/kabar apapun sudah dapat diterima dengan cepat dan tepat.
Memang dilematis kalau menolak berarti ketinggalan informasi dan saat ini pada hal informasi sangat penting dan mahal harganya. Orang tidak keberatan mengeluarkan uang berapapun asal informasi itu dapat cepat dan tepat diterima, uang tidak masalah. Kalau kita menerima teknologi dampaknya terhadap perkembangan anak dan keluarga juga terasa. Anak jaman sekarang tanpa teman bisa bermain sepuasnya dengan play station. Remaja dengan mudah dapat melihat jenis film apa saja termasuk film dewasa kalau mau datang di kaki lima pasti dapat. hP yang mestinya untuk komunikasi supaya dipermudah dapat dipakai untuk “ kencan “ dll. Banyak sekali penemuan yang bermanfaat itu disalahgunakan oleh manusia yang kurang bertanggungjawab.
Oleh karena itu semua dapat dicegah hanya dengan nilai religius yang harus diberikan kepada anak sebagai benteng terakhir dari pengaruh tersebut. Misalkan kita dapat melihat kembali dari firman Tuhan dalam Amsal 4: 1-2, yang mana itu mengingatkan kepada setiap anak untuk selalu ingat didikan dari orang tuanya. Dengan memperhatikan nasehat orang tua seorang anak akan mendapat hikmat dan pengetahuan yang baik sehingga anak tidak akan mencoba untuk menyalahgunakan pengetahuan dan perkembangan teknologi karena ada control yang kuat yaitu firman Tuhan sendiri. Apapun kalau dituntun oleh firman Tuhan akan dapat menggunakan dengan penuh tanggungjawab dan itu membuat orang tersebut justru semakin kagum kepada Tuhan sebagai pencipta dan penguasa alam raya ini. Dari sinilah teknologi itu dapat dikontrol sehingga bukan manusia yang dikuasai teknologi namun manusia sebagai penguasa dan pencipta teknologi yang ada ini.
Dalam ayat 2 memberikan pengertian bahwa ilmu yang ada dan kepandaian yang dimiliki oleh manusia itu dari Tuhan sendiri, oleh karena itu manusia dalam mencipta dan berkarya tetap harus ingat kepada Tuhan yang telah memberikan kepandaian. Tuntunan Tuhan jangan sampai ditinggalkan sehingga penemuan dalam teknologi apapun akan mendatangkan manfaat bagi manusia. Kalau semua itu dapat kita ingat dan mengekang diri tentu banyak penemuan yang akan dapat bermanfaat bagi gereja dan keluarga. Dasarilah setiap usaha itu dengan ingat akan Tuhan sebagai yang berkuasa atas langit dan bumi sehingga manusia tidak akan sombong.

BAHAN DISKUSI
1. Adakah pengaruh media elektronik (TV) bagi anak-anak, beri gambaran dari segi positif dan negatifnya.
2. Bagaimanakah sikap kita atau gereja sebaiknya, dalam menyikapi perkembangan teknologi itu, apakah banyak manfaatnya daripada tidak bermanfaat ?
3. Apa yang dapat kita lakukan untuk menjaga agar keluarga/gereja tidak terpengaruh yang negative dari perkembangan teknologi ?
4. Coba uraikan dan jelaskan reaksi apa saat anak diberi nasihat dari orang tua, dengan melihat Amsal 4:1 dari bahan kita ?


5. NYANYIAN AKHIR
6. DOA PENUTUP

“Selamat ber-PA, Tuhan memberkati”

0 comments:

 

Pemahaman Alkitab GKJ Copyright © 2008 Green Scrapbook Diary Designed by SimplyWP | Made free by Scrapbooking Software | Bloggerized by Ipiet Notez