Sunday, November 23, 2008

Pelayanan Kasih, Salah Satu Bentuk Ucapan Syukur


PEMAHAMAN ALKITAB IBU-IBU GKJ CILACAP
Rabu, 28 Mei 2008

Tema : PELAYANAN KASIH, SALAH SATU BENTUK UCAPAN SYUKUR.
Bacaan : II Korintus 9: 6-14.

1. Nyanyian Pembukaan KJ 403
2. Doa Pembukaan
3. Pembacaan Alkitab : II Korintus 9: 6-14
4. Pengantar PA:

Saudara-saudara, yang dikasih Tuhan Yesus, pernahkah saudara mengalami kesulitan/kesusahan? Jika pernah apa yang kita harapkan saat mengalami kesulitan atau kesusahan? Ya, ketika dalam keadaan susah kita membutuhkan pertolongan, kita akan senang jika ada orang yang datang dan membantu kita. Apalagi kalau yang membantu kita itu melakukannya dengan senang hati.
Bacaan Alkitab kita juga berisi tentang orang-orang yang membutuhkan bantuan, siapa mereka? Mereka adalah umat/jemaat Tuhan yang berada di kota Yerusalem. Ketika itu anggota-anggota jemaat di Yerusalem tengah menghadapi kesulitan pangan. Untuk itu jemaat-jemaat dari berbagai tempat termasuk di Korintus diminta mengulurkan bantuan. Anggota jemaat Yerusalem adalah saudara-saudara seiman dari jemaat Korintus sehingga jemaat Korintus wajib “membantu” mereka.
Rasul Paulus menganggap bantuan jemaat yang berupa pelayanan kasih ini adalah suatu ujian Tuhan. Lo pemberian kok dianggap ujian sih, maksudnya apa ya? Maksudnya jemaat diuji untuk tidak hanya memikirkan kebutuhan setempat/ sendiri tetapi juga ikut memikirkan saudara-saudara seiman ditempat lain. Dengan perbuatan itu mereka diminta membuktikan kedewasaan iman mereka. Sebab mereka adalah milik Allah, termasuk segala berkat yang ada pada mereka. Kasih karunia Allah yang berlimpah itu hendaknya menjadi “penggerak” untuk memberi dengan berlimpah-limpah. Kalau kita punya berkat kita harus mau berbagi dengan saudara yang membutuhkan di manapun mereka berada.
Walaupun Rasul Paulus sadar bahwa tidak seluruh anggota jemaat Korintus menyukainya namun ia tidak malu-malu meminta bantuan demi jemaat di Yerusalem. Ia sadar betul bahwa sebagai orang yang telah diselamatkan oleh Yesus Kristus, ia dan anggota-anggota jemaat di Yerusalem adalah satu keluarga (bersaudara dalam Kristus). Oleh sebab itu ia rela membela mereka. Ia yakin bahwa itu merupakan suatu kewajiban bersama sebagai anggota tubuh Kristus.
Selain itu pelayanan kasih juga merupakan salah satu bentuk ucapan syukur. Sebab orang yang telah mengenal Kristus tentu akan berusaha melakukan semua yang telah diajarkanNya. Dalam salah satu tema pengajaranNya, Yesus mengajar murid-muridNya untuk melayani mereka yang lapar, haus, tak punya rumah, dst. Dengan melayani mereka (saudara-saudaraKu yang paling hina ini), murid-murid telah melayani Tuhan juga (Matius 25: 40)
Di akhir perikop tampak ucapan syukur Rasul Paulus kepada Allah yang telah menggerakkan hati anggota-anggota Jemaat Korintus untuk mendengar seruan Rasul dan bahkan memberikan bantuan (di kemudian hari). Rasul Paulus sadar betapa pun Ia berupaya meminta kepada anggota jemaat Korintus, akhirnya kuasa Roh Kuduslah yang berkarya dalam hati anggota-anggota jemaat di sana, hingga mereka mau menanggung beban bersama-sama. Ia juga sadar bahwa berapapun besarnya bantuan jemaat, itu berasal dari Allah juga dan karenaNya ia mengembalikan ungkapan syukur kepada Allah. Kebaikan Allah sungguh-sungguh nyata dalam kehidupan iman jemaat Korintus. Kiranya Roh Kudus akan selalu berkarya dalam hidup kita sehingga kita dimampukan untuk selalu berbagi dengan sesama. Bila kita tergolong orang yang sederhana, kita dapat memberi dari yang kita miliki. Atau bila kita tergolong orang yang berpunya, kita tidak hidup untuk diri sendiri tetapi menjadi berkat bagi sesama kita. Amin

BAHAN PERENUNGAN & PA
1. Menurut bacaan, apa yang terjadi pada jemaat di Yerusalem dan apa yang dilakukan oleh rasul Paulus sebagai bentuk kepedulian?
2. Apa hambatan yang sering dihadapi oleh keluarga untuk memulai memberikan perhatian bagi mereka yang hidup dalam keterbatasan dan kekurangan?
3. Pelayanan kasih apakah yang tepat kita wujudkan untuk jemaat dan masyarakat di masa sekarang?

5. Nyanyian Penutup KJ 393
6. Doa Penutup

*** Selamat Ber-PA ***

0 comments:

 

Pemahaman Alkitab GKJ Copyright © 2008 Green Scrapbook Diary Designed by SimplyWP | Made free by Scrapbooking Software | Bloggerized by Ipiet Notez