Sunday, November 23, 2008

Keluarga Yang Hidup


PEMAHAMAN ALKITAB IBU-IBU GKJ CILACAP
Rabu, 18 Juni 2008

Tema : KELUARGA YANG HIDUP
Bacaan : Ibrani 10 :19 - 25.

1. Nyanyian Pembukaan
2. Doa Pembukaan
3. Pembacaan Alkitab : Ibrani 10 : 19 - 25.
4. Pengantar PA:

Dewasa ini banyak keluarga-keluarga yang mengalami persoalan keluarga yang akibat dari pengaruh-pengaruh kehidupan dunia sekuler (duniawi) yang sering mempengaruhi pola hidup mereka termasuk keluarga Kristen. Setangguh apapun keluarga dalam membentengi hal itu kalau tidak dilakukan secara berkesinambungan akan terasa sulit. Sebenarnya sudah banyak uraian-uraian tentang tips-tips dalam mempertahankan dan membina keluarga dari pengaruh kehidupan yang kurang baik dampaknya terhadap keluarga, namun itu secara umum berlaku dan sentuhan nilai-nilai religius sangat kering dan kurang terasa, sehingga setiap pembaca akan merasakan ada sesuatu yang kurang dari tiap tips tersebut.
Kadang kita berpikir telah puas kalau sudah pergi ke gereja pada hari Sabat/Minggu saja. Itu tidak cukup!!! Ingat itu tidak akan cukup!!! Tuhan Yesus Kristus yang kita sembah bukan Tuhan yang hadir dan kita sembah hanya pada hari Minggu saja, itu saja di gereja “mendengarkan firman sambil ngantuk”, yang mungkin paling lama dua jam. Padahal satu hari ada 24 jam dan kalau dihitung satu minggu berarti ada 168 jam dalam satu minggu. Itu berarti ada banyak sekali waktu luang yang kita buang secara percuma dan sia-sia, kalau mungkin kita gunakan barang kali hanya untuk kepentingan diri sendiri. Oleh karena itu kita dituntut secara pribadi atau kelompok untuk tetap mewujudkan persekutuan pribadi dengan Tuhan kita. Justru kita banyak waktu luang tersebut dapat secara efektif kita gunakan untuk persekutuan secara pribadi dengan Tuhan. Perlu juga dikembangkan persekutuan-persekutuan keluarga agar keluarga-keluarga Kristen dapat kuat menghadapi persoalan-persoalan dan tantangan yang semakin berat dari dunia sekuler ini. Kita hanya dapat membentengi itu semua dengan iman kita yang terbina sejak dini dari persekutuan-persekutuan keluarga yang dilaksanakan secara rutin dikeluarga Kristen ini. Pengaruh dunia sekuler memang kuat, sejalan dengan itu kita juga semakin menggiatkan persekutuan kita dengan Tuhan baik secara kelompok maupun pribadi.
Dari Firman Tuhan dalam surat Ibrani 10 : 19-25 menjelaskan kepada kita semua terkhusus dalam ayat 25 “Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat. Dari gambaran firman tersebut bahwa setiap orang percaya dituntut untuk hidup dalam persekutuan dengan Tuhan dengan meninggalkan kegiatan gereja atau dalam firman dijelaskan dalam bahasa “Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan ibadah kita, seperti kebiasaan beberapa orang … “ melalui persekutuan keluarga orang percaya dapat memulai merintis kegiatan tersebut dari masing-masing keluarga. Walaupun saya tahu untuk memulai itu sangat sulit namun kalau sudah berjalan secara rutin, kalau tidak melaksanakan akan terasa ada sesuatu yang kurang.
Oleh karena itu kepercayaan kita kepada Kristus dapat bertambah dalam persekutuan keluarga yang bermanfaat bagi keluarga itu sendiri didalam menghadapi dunia sekuler yang semakin nyata dan sulit dibendung, yang sedikit banyak berpengaruh dalam perkembangan anak bahkan gereja, sehebat apapun sulit untuk membendung pengaruh dunia yang semakin meracuni pola pikir orang-orang percaya yang segala sesuatu selalu diukur dengan uang. Kita jangan tersentak kaget ketika suatu saat mendapati anak kita yang manis dan penurut ternyata pengguna narkoba, atau sudah merasakan hidup bebas bahkan terkadang tanpa batas dan aturan dll.
Seberat apapun kita dapat menumbuhkan kesadaran pribadi atau kolektif untuk dapat memulai dan membangun jaringan-jaringan persekutuan keluarga yang aktif. Hanya dengan persekutuan keluarga yang hidup inilah diharapkan sebagai benteng terakhir sehingga iman kita menjadi matang dan berkembang yang akhirnya menghasilkan buah yang bagus, karena tidak cukup pembinaan-pembinaan iman hanya dengan ke gereja dan kadang PA, karena itu ternyata masih banyak waktu yang kita buang percuma dan banyak kegiatan yang sia-sia kita lakukan.
Dengan sungguh-sungguh setiap keluarga memperhatikan pertumbuhan iman anggota keluarganya dengan adanya persekutuan-persekutuan keluarga yang secara rutin dilaksanakan. Dari sini sebenarnya juga ditumbuhkembangkan komunitas, demokrasi dan solidaritas masing-masing anggota keluarga. Belajar saling m,enghargai pendapat pihak lain dan itu semua sebenarnya dapat dimulai dari lingkup yang terkecil yaitu keluarga. Dengan adanya kebiasaan persekutuan di keluarga-keluarga Kristen dapat juga dipakai untuk pendidikan budi pekerti dan juga pengenalan akan Tuhan sejak dini, oleh karena itu sebenarnya tidak ada kata lain kecuali “kita muali sekarang”. Rencanakan dengan matang dengan mengambil hari dan waktu yang telah disepakati bersama sehingga masing-masing dapat memegang komitmennya hari dan waktu itu adalah waktu persekutuan doa keluarga, sehingga kegiatan dan acara saat itu dapat ditunda atau ditangguhkan dengan komitmen bahwa hari dan waktu itu adalah saat persekutuan doa keluarga.

BAHAN PERENUNGAN & PA
1. Apa dan bagaiman cara yang efektif untuk menanamkan nilai religius terhadap anak-anak kita?
2. Apa hambatan yang sering dihadapi oleh keluarga untuk memulai persekutuan doa di masing-masing keluarga?
3. Persoalan iman adalah persoalan gereja dan pendeta, setujukah pendapat tersebut, berikan alasannya sehingga dapat mendorong masing-masing peserta untuk dapat menyimpulkannya!

5. Nyanyian Penutup
6. Doa Penutup

*** Selamat Ber-PA ***

0 comments:

 

Pemahaman Alkitab GKJ Copyright © 2008 Green Scrapbook Diary Designed by SimplyWP | Made free by Scrapbooking Software | Bloggerized by Ipiet Notez